Jika anda sedang berwisata di bantul kurang rasanya jika belum mencicipi kuliner yang sangat banyak di bantul ini,berikut kuliner bantul yang lezat dan banyak diminati



1. Sate Kambing Sor Talok Tanpa Tusuk


Namanya sate, biasanya identik dengan tusuk. Namun, kuliner khas Bantul yaitu Sate Kambing Sor Talok ini justru terlihat seperti potongan daging biasa. Warung Sor Talok ini sudah berdiri sejak 30 tahun yang lalu dan rasa tetap terjaga. Dibakar dengan tusuk besi agar matangnya merasuk hingga inti daging. Makin enak disajikan dengan bumbu kecap dan cabe.

Awalnya Sate Kambing Sor Talok terletak di Jalan Parangtritis, tepatnya di dusun Manding. Namun, sejak tahun 2007 memutuskan pindah ke Dusun Code, Kelurahan Trirenggo, Kecamatan Bantul. Siapa sangka, meski berubah tempat penggemarnya masih banyak. Bahkan, ada yang rela antre tempat duduk demi mendapatkan menu lezat di warung sederhana ini.Seperti sate klathak, kuliner di warung ini juga menggunakan tusuk dari besi. Tujuannya tidak lain agar kematangannya merata. Cara memasaknya juga sederhana dengan dipanggang di atas tungku. Sate kambing ini juga disajikan tanpa tusuk di atas piring. Bedanya dengan sate klatak ada pada bumbu. Hidangan ini menggunakan bumbu kecap yang terdiri dari potongan bawang merah, cabai rawit, merica bubuk, dan kecap.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar